Selasa, 06 Maret 2012

Modeling LCD TV " 3D MAX"

Share on :










Postingan kali ini saya buat modeling  LCD TV  3D MAX
Saya memakai versi 3d max 2010 ... versi 2008 dan 2009 hampir sama ko'...hehhee 
Ok Lanjut saja..


Tahap 1....
buka sofware 3d max....
Tampilannya seperti ini...














Kalo diliat memang ribet...hehehehe


Saya Lanjutkan... saya pilih menu  Standard Primitaves ...
Klik Standard Primitaves > Extended Primitaves... Lalu, klik..
Seperti gambar di bawah ini...


















Selanjutnya akan tampil menu Extended Primitaves...
Klik Chamfer Box...
Seperti gambar di bawah ini...


















 Camfer Box Memiliki 3 kali proses, dalam membentuk sebuah Camfer Box ) ...
Klo sudah anda letak kan, Tool Camfer Box di Layer Persepefective .. Kemudian.. anda Klik, tahan... dari titik satu... tarik ke arah tanda panah titik 2....
Seperti gambar di bawah ini...















Kemudian, Lepas klik kiri nya...
Lalu geser mouse keatas dengan perlahan2..
"dan anda dapat menyesuaikan tinggi dan rendahnya, Camfer Box..."
Seperti gambar di bawah ini...















Klo sudah, sesuai dengan ukuran nya.. saya klik lagi...
kemudian, saya geser mouse ke atas...
"jadi deh, Camfer Box nya...."
seperti gambar di bawah ini..
















 Tahap 3
Sekarang, saatnya...membutat bntuk cekungan kedalam.... seperti LCD TV lainnya..
saya mulai saja...
Klik Modify >.> Modifier List....


















akan muncul Menu seperti ini...
dan pilih  Edit Poly



















Tahap 4
Saya Klik  Polygon... Kemudian, Klik di atas objek Camfer Box.. maka secara otomatis objek tersebut terseleksi dengan warna  merah...
Seperti gambar di bawah ini...



-MENGATUR INSERT-
Setelah di seleksi.. saya klik kanan di area yg terseleksi...
akan muncul menu... lalu saya pilih Insert .. 
"saya klik, kotak yg berada di samping tulisan  insert.."
agar mudah mengatur Insert Amount..
Seperti gambar  di bawah ini...


















Akan muncul kotak menu Insert Polygons seperti ini...
saya isikan,  Insert Amount : 1.651
"anda, dapat menyesuaikan jumlah Insert Amount sesuai dengan keinginan anda.."
Klo sudah tinggal, klik Ok...
Seperti gambar  di bawah ini...








-MENGATUR BEVEL-
selanjutnya..
Mengatur Bevel.. caranya sama seperti proses di atas..
Klik Kanan.. Pilih Bevel.. "saya klik, kotak yg berada di samping tulisan  Bevel.."
Akan muncul kotak menu Bevel Polygons seperti ini...
Saya, isikan, Height : -0.54 dan Outline Amount : -0.5
"anda, dapat menyesuaikan jumlah Bevel Polygons sesuai dengan keinginan anda.."
Klo sudah klik OK....
Seperti gambar  di bawah ini...








-MENGATUR EXTRUDE-
Mengatur Extrude.. caranya sama seperti proses di atas..
Klik Kanan.. Pilih Extrude.. "saya klik, kotak yg berada di samping tulisan  Extrude.."
Akan muncul kotak menu Extrude Polygons seperti ini...
Saya, isikan, Extrusion Height : -0.89
"anda, dapat menyesuaikan jumlah Bevel Polygons sesuai dengan keinginan anda.."
Klo sudah klik OK....
Seperti gambar  di bawah ini...








Seperti ini jadinya....
















Tahap 5
Saya akan membuat gambar tampilan di LCD TV... "seperti TV yg pernah anda lihat sehari-hari..."
seleksi Kembali objek tersebut..
klik Polygon dan Klik di atas objek Camfer Box, sehingga terselksi objek tersebut...
Klo sudah.. saya akan clone To Object..
caranya :

Klik, tahan + shift... tarik (move) dengan arah keatas (z)..
Lalu klik OK..
















selanjutnya, saya klik Polygon.. untuk menghilangkan seleksi tersebut..
saya akan merubah warna objek yang telah di clone / copy tadi.. ( agar, mudah di bedakan.. pada saat membuat materialnya..).
dan saya letakkan clone objek tadi, ke posisi semula....
















kemudian, saya menggabungkan 2 objek ini..
sebelumnya saya tekan Ctrl + A.... Lalu, Klik menu Group>> pilih Group..
nah, Objek sudah tergabung...



Selanjutnya...saya akan merotasi objek tersebut..
Saya klik Layer Left.. tekan F3... Kemudian 
klik kanan pada objek.. kemudian Pilih Rotate, lalu klik.. 
akan Keluar tool Rotate..
Saya Klik, tahan di titik 1. Lalu, tarik sampai  titik 2... hingga mencapaii sudut 90.00 (seperti yg di  lingkari warna putih ).. Objek tersebut, menjadi tegak lurus ...

















Hasilnya seperti ini...












< Tahap 6
Membuat Kaki Pada LCD TV..
Klik Menu Geometry >> 
Extended Primitaves >> Lalu Klik Camfer Box..
Caranya sama seperti tahap 1...
Buat dengan Camfer Box, seperti gambar di bawah ini...















Klo sudah, saya susun letak2 objek tersebut...
Hasilnya seperti gambar di bawah ini...












Tahap 7
Pembemberian Material terhadap objek...
"Jangan Lupa.. Objek yang di Group  tadi pada Tahap 5.. kembalikan ke semula dengan Ungroup..maka objek akan terpisah.."
Saya Klik Objek tersebut... Lalu, Klik Group >> kemudian Ungroup..
Maka objek tersebut akan terpisah...
Klo Sudah terpisah..
saya seleksi objek kembali ..untuk pemakaian material yg sama...

saya klik menu Gruop .>> pilih  Gruop...












saya klik objek untuk memasukkan maerial...
sekarang tinggal memasukan material kedalam objek...
Tekan M.. 
muncul menu Material editor..
saya setting Diffuse : warna hitam dan  Spectular level : 26...
klo sudah saya klik Assign  Material To Selection / no. 3....

seperti gambar di bawah ini...




















hasilnya sepeti ini....












Selanjutnya saya masukkan gambar ke objek berwarna Biru, yang sudah saya seleksi..


 Tekan M,
Setting Material Editor
1. Klik Maps >> 2. check list Diffuse Color >>3. klik None >> 4. Klik Bitmap...




setelah klik Bitmap..
Anda pilih  gambar atau video, sesuai Formatnya...
klo sudah.... Klik Open
Seperti gambar di bawah  ini...


















kemudian satukan kembali Objek2nya....
Ctrl + A... Lalu saya Buat Gruop...
anda bisa lihat hasilnya.. dengan tekan F9..
Anda dapat menambahkan cahaya Omni agar Tampak Real... 




FINISH
inilah hasilnya...




















14 komentar:

"jangan Lupa..Coment MY BRO"..
Terima Kasih..
Tetap semangat....