Minggu, 25 Maret 2012

"Bend dan Motion..." animasi + Render. .. 3D MAX

Share on :




salam hangat  bro..


Tahap 1
anda dowload modelling disini 
atau " Anda juga bisa cari di rumah deni...wkwkkwkwk"
klo sudah di dowload jangan lupa Extract file dulu.. 
selanjutnya.. buka sofware 3 d max 2010, 
kemudian, klik logo 3d max untuk 2010.. Lalu pilih Import
kemudian pilih file yang anda dowload dan sudah di extact file..
klo sudah.. anda pilih file dowload.. pilih format .max.. jika tidak ada format max, anda pilih format .obj..  lalu klik, kemudian klik open... setelah itu, muncul OBJ Inport Option.. klik Import.. tunggu sampai loading selesai ...


wweeeww... maka mucullah sebuah objek ...























Klo sudah.. anda masukkan material... anda tekan M...
pasti anda sudah mengerti...



Tahap 2
Sebelumnya saya gruop objek saya sendiri... agar nantinya tidak berantakan..
setelah tu, saya pasangkan Bend di sayap nya..
Saya melakukannya di layer Top, "agar mudah untuk merubah posisi atau ukuran Bend.."
klik objek..kemudian, klik  Modiefer List  >> Pilih dan Klik Bend

untuk merubah ukuran bend.. Saya klik kanan kemudian pilih dan klik Scale.
Klik Scale Y tahan, tarik ke atas atau kebawah...( merubah tinggi )
Klik scale X tahan, Tarik kesamping ke kanan atau kiri.. ( Merubah lebar )
Center untuk merubah posisi pusat bend.



















Sekarang buat line..pasti anda sudah tahu caranya..
disini saya menggunakan Helix, agar garis/line memutar seperti sepiral...

"anda tinggal membuatnya saja..."


Tahap 3
Membuat Motion.
Selanjutnya anda klik Motion..  Lalu ikuti petunjuk gambar di bawah ini..




















mungkin ini terlalu ribet.. tapi..coba anda perhatikan dengan baik... dan pahami...
Ok.... 

saya klik objekterlebih dahulu... saya klik add phat.. kemudian anda klik line, setelah itu saya klik Auto key..saya geser roll frame "klo saya disni End Frame 400.. jika anda sampe 100 atau berapa saja.. intinya anda taruh roll frame itu di bagian akhir. (perhatikan, di frame 0 agar di %Along Path : 0.0)
kemudian anda klik follow untuk menyatukan objek dengan line... selanjutnya,setting axis dengan klik X, Y atau Y jika perlu anda klik Flip... anda coba di semua kolom Axis,  sehingga posisi objek sesuai dengan posisinya... " disini saya menggunakan Y dan Flip "..
selanjutnya, tinggal setting % Along Path..
"Sebelumnya, anda perhatikan lagi di frame 0 agar setting %Along Path : 0.0"
klik tanda panahnya atas atau bawah yang beada di %Along Path... hingga objek berada di ujung garis line... "di sini saya setting %Along Path : 200.0"...





Okay... selesai tinggal anda play untuk lihat hasilnya...



















 Tahap 4
Saya akan membuat Background sederhana..
saya buat Plane .. di layer Top, agar lebih mudah membuatnya..
















kemudian.... saya akan membuat Pohon...
Klik Geometry... Lalu pilih AEC Extended..Pilih Foliage
saya buat di layer top.. 
Untuk mengatur Parametersnya, saya klik Modify..  ( anda dapat mengatur tinggi.. bentuknya dll.)




















Tahap 5
Klo sudah..saya akan memberikan efek cahaya Omni..
saya klik create.. klik Light...Lalu, saya pilih dan klik standart.. kemudian klik omni.




















Tahap 6
Saya akan membuat camera..
Klik Cameras..klik Target atau Free.. "terserah anda lebih mudah yang mana.."
saya memakai Camera Taget..
















Selanjutnya...
saya akan merubah layer Presfective ke layer camera.. "cara ini untuk melihat sooting atau sorotan pada kamera"




















Nah.. Sekarang, anda tinggal atur cameranya... Creatif dikit akh... heee
nah seperti ini...




















tinggal saya Render...
Klik Rendering...lalu pilih dan klik Render setup..saya klik Active Time Segment...
klik Files...maka akan muncul menu Render Out put File.. saya isikan file name burung, lalu saya isikan Save As Avi.. Ok...
Lalu Klik Render..





















tunggu beberapa menit proses render..


Nah, sudah jadi nih..
Hasilnya, seperti ini...





Klo anda kurang mengeti dalam tutorial ini...
tinggal kan pesan atau coment..
teima kasih...

0 komentar:

Posting Komentar

"jangan Lupa..Coment MY BRO"..
Terima Kasih..
Tetap semangat....